Breaking News

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Jumat, 07 Agustus 2020

5 Sikap Yang Harus Kamu Hindari Jika Ingin Pengetahuanmu Bertambah

 5 Sikap Yang Harus Kamu Hindari Jika Ingin Pengetahuanmu Bertambah 

ID-INFO.ID - Setiap orang pasti ingin dirinya terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Kamu juga pasti ingin terus menjadi lebih baik, terutama dalam hal sifat dan kepribadian. Tapi jangan lupakan hal lain yang tidak kalah penting, yaitu ilmu pengetahuan.

Terus menambah ilmu pengetahuan itu sangat bermanfaat untukmu, misalnya untuk meningkatkan kariermu di kantor, menambah relasi, dan lain sebagainnya.

Tapi ada beberapa sikap yang salah dan bisa membuat pengetahuanmu mentok dan tidak bertambah. Dan inilah 5 contoh sikap yang salah dan harus kamu hindari jika ingin bertumbuh.

1. Merasa Paling Tau Dalam Segala Hal 


Merasa paling tau dalam segala hal bisa menjadi penghalang jika kamu ingin bertumbuh.

Secara singkat, sikap ini sama dengan sombong atau pongah. Seseorang yang merasa paling tau dalam segala hal biasanya akan berpuas diri dan menjadi angkuh. Bahkan terkadang, mererka tidak akan mendengarkan orang lain atau mencari tau hal lain lagi.

Yang harus diingat adalah sebanyak apa pun pengetahuan yang sudah kamu miliki, apa yang belum kamu ketahui pasti jauh lebih banyak lagi. Bahkan para ilmuwan juga mengakui hal ini.

Maka dari itu, tetap rendah hati dan teruslah belajar..

2. Memandang Rendah Orang Yang Lebiih Muda Atau Berada di Posisi Bawah 

Memandang Rendah Orang Lain Dapat Mencegah Ilmu Bertambah. 

Ilmu pengetahuan bisa kita dapat dari mana saja. Internet adalah salah satu sumber utama, tapi masih ada juga buku, televisi, radio, dan banyak sumber lain. Dan jangan lupakan juga orang sekitarmu. Mereka bisa jadi punya banyak ilmu yang bisa kamu pelajari.

Tapi lagi-lagi, kamu harus rendah hati. Kalau kamu hanya mau belajar dari orang yang kedudukannya lebih tinggi atau usianya lebih tua darimu, sumber ilmumu justru jadi terbatas.

Terkadang, orang yang lebih muda atau memiliki kedudukan dibawah kamu memiliki pengetahuan yang jauh lebih banyak. Maka dari itu jangan membatasi diri dan tetap perlakukan semua orang setara.

3. Mudah Menyerah Dan Terlalu Rendah Diri 

Pantang Menyerah Merupakan Hal Yang Harus Dimiliki Jika Ingin Bertumbuh.

Memang, kesombongan dan terlalu percaya diri terkadang dapat membuat seseorang tidak ingin belajar lagi. Namun, hal sebaliknya juga memiliki keburukan juga, yaitu rendah diri.

Biasanya orang yang rendah diri akan mudah sekali menyerah ketika ia merasa bahwa ia tidak akan mampu memahami atau menyelesaikan suatu masalah.

Percayalah bahwa segala sesuatu akan terlihat rumit jika kita belum mempelajarinya. Dan ketika sudah dipelajari, tidak akan sesusah yang kita kira. Tetap optimis dan selalu berusaha adalah kunci untuk keberhasilan.

4. Merasa Pengetahuan Tidak Penting 

Merasa Pengetahuan Tidak Penting Adalah Salah Satu Hal Yang Harus Dihilangkan. 

Ada begitu banyak bidang ilmu pengetahuan di dunia ini. Sebagian langsung terlihat jelas manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, maka kamu mungkin senang mempelajarinya.

Tapi ada juga yang terlihat tidak ada manfaatnya sama sekali sehingga membuat kita malas untuk mempelajarinya karena takut buang-buang waktu dan tidak berguna.

Padahal, belajar sesuatu yang positif tidak akan sia-sia. Pengetahuan baru yang kita pelajari mungkin tidak akan langsung diaplikasikan saat itu juga. Namun, siapa tau dimasa depan nanti akan ada manfaatnya? Paling tidak, kita akan melatih otak dan kemampuan berfikir kita.

5. Hanya Ingin Belajar Sesuai Minat 

Belajar Ilmu Pengetahuan Yang Baru Tidak Akan Sia-sia Selama Postiif. 

Beberapa orang mungkin tidak ingin belajar bidang-bidang yang jelas akan bermanfaat dalam hidupnya, hanya karena bidang tersebut tidak sesuai dengan minatnya.  Padahal kita tidak tau jika bidang yang tidak kita suka ini dimasa depan akan menjadi salah satu yang berpengaruh dalam hidup kita.

Sebagai contoh, disaat kita masih berada disekolah mungkin pelajaran matematika dan ekonomi sangat tidak kita sukai. Namun saat sudah bekerja, kedua matapelajaran inilah yang sangat kita perlukan dalam mengelola keuangan. Belum lagi dengan halhal lainnya.

Maka dari itu tetaplah belajar jika ada kesempatan. Baik itu sesuai dengan minat ataupun tidak. Karena tidak ada ruginya jika kita belajar sesuatu yang baru.

 

Menambah pengetahuan bukan hanya sekadar gaya-gayaan atau supaya kamu terlihat dan disebut pintar, akan tetapi itu bisa sangat bermanfaat bahkan menyelamatkan hidupmu di masa mendatang. Maka jangan ragu untuk terus belajar dan menambah pengetahuan demi kebaikanmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

loading...

Pages