Breaking News

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Selasa, 14 April 2020

Work from Home? Ini 5 Tips Agar Kerja di Rumah Tetap Lancar dan Efektif



ID-INFO.IDPemerintah sudah menghimbau agar berbagai aktivitas sebaiknya dilakukan di rumah, mulai dari belajar, ibadah, dan termasuk bekerja. Hal ini dimaksudkan untuk menerapkan social distancing, atau jaga jarak antar manusia dan diharapkan dapat menekan penyebaran virus corona yang tengah merebak.

Kantor kamu sudah berlakukan work from home? Eits, bukan berarti ini saatnya libur dan bersenang-senang, ya! Kamu harus tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan kamu walau kamu tidak ke kantor. 

Berikut ini 5 tips agar kerja di rumah tetap lancar jaya dan efektif.

1. Ciptakan Suasana yang Kondusif untuk Bekerja di Rumah


Musuh utama bekerja di rumah adalah sulitnya untuk fokus. Kadang kita jadi tergoda untuk melakukan hal lain. Untuk itu kamu perlu menghindarkan diri dari distraksi. Usahakan bekerja di ruangan khusus, atau jika memang tidak ada, buatlah sendiri “area” kerjamu di rumah. Bisa di meja sudut kamar tidurmu, atau letakkan meja untuk kerja di dekat jendela ruang tamu.

Untuk lebih kondusif lagi, kamu bisa tetap gunakan pakaian kerja seperti biasa, agar suasana “kerja” tetap terbangun. Dengarkan musik yang memberikan semangat agar pekerjaan selesai dengan maksimal. Jangan lupa buat to do list yang harus kamu patuhi, agar jelas apa saja yang perlu diselesaikan pada hari tersebut.

2. Bekerjalah Sesuai Jam Kerja dan Hindari Melakukan Penundaan



Namanya di rumah, tentu tidak ada yang mengawasi pekerjaan kita. Tapi bukan berarti kita jadi bekerja sembarangan dan sesuka hati. Upayakan tetap bekerja pada jam kerja yang umum. Hindari menunda-nunda pekerjaan dan menumpuknya di malam hari. Ini tentu tidak efektif. Kamu akan kelelahan kalau baru bekerja di malam hari.

Yang berbeda dari bekerja di kantor dengan work from home adalah tempatnya saja. Jadi, kamu tetap perlu disiplin dengan waktu walau kerja dari rumah. Jangan sampai waktu terbuang untuk hal-hal yang kurang penting dan tidak berhubungan dengan pekerjaanmu.

3. Siapkan Pulsa yang Cukup untuk Kelancaran Komunikasi



Komunikasi yang lancar tentu menjadi kebutuhan utama untuk kamu yang bekerja work from home. Pastikan kamu mudah menghubungi atasanmu atau rekan kerjamu terkait pekerjaan yang perlu diselesaikan. 

Apalagi jika kamu punya banyak tim, dan pekerjaanmu berkaitan dengan banyak divisi lain. Jangan sampai komunikasi terhambat, ya! Bisa jadi kerjaan berakhir kurang optimal.

4. Pastikan Koneksi Internet Kencang


Karena bekerja di rumah, tentunya kamu harus punya koneksi internet yang kencang, supaya kerjaan tetap lancar. Kalau memang kamu tidak punya Wi-Fi di rumah, kamu harus menyiapkan modem atau paket data yang cukup untuk tethering atau berbagi koneksi dari smartphone kamu ke laptop.

5. Gunakan Laptop dengan Performa Terbaik


Laptop kamu sering nge-hang? Kamu perlu punya laptop dengan performa yang mumpuni agar bisa kerja di rumah dengan maksimal. Jangan sampai laptop yang loading-nya lama membuat pekerjaanmu juga jadi lambat selesai.

Yuk, tetap semangat walaupun kerja dari rumah.
Kerjaan lancar jaya biarpun #dirumahaja, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

loading...

Pages