INFO.ID - Instagram telah menggeser Twitter sebagai jejaring
sosial yang paling atraktif di Indonesia. Secara global pun pengguna Instagram
sudah lebih tinggi di banding Twitter.
Yakni sudah lebih dari 400 juta pengguna per
bulannya secara global, di banding Twitter yang hanya 307 juta. Dari 100 juta
pengguna yang terakhir bergabung di Instagram, lebih dari setengahnya tinggal
di Asia dan Eropa. Negaranegara yang berkontribusi pada jumlah pengguna
Instagram terbanyak adalah Indonesia, Jepang, dan Brasil.
Hingga saat ini, Instagram telah berhasil menjadi
salah satu social media platform yang digunakan sebagai media promosi, jualan,
hingga sekedar share-share informasi.
Namun sudah tau kah kalian mengenai apa sih
fakta-faktaa menarik dari Instagram? Khususnya di Indonesia? Untuk menjawab
pertanyaan tersebut, berikut adalah 10 fakta menarik soal pengguna Instagram di
Indonesia.
Secara rata-rata, pengguna Instagram membagikan 150
foto dalam sebulan, dengan lebih dari 80 juta foto dan video dibagikan secara
global setiap harinya, menghasilkan 3,5 miliar likes per hari.
1.Mayoritas Anak
Muda
89% dari Instagrammers di Indonesia berusia 18-34
tahun. Mereka adalah anak muda pengguna mobile-firstdengan kemampuan finansial
yang baik (mapan), serta memiliki gelar sarjana (terdidik). Mereka mengaku
memiliki pendapatan rumah tangga 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan pengguna
smartphonedi Indonesia pada umumnya.
2. Belum Mencapai Titik Kebosanan
Di Indonesia, pengguna aktif Instagram per bulannya
menjadi dua kali lebih besar dari tahun ke tahun (per Maret 2015). Artinya,
jejaring sosial ini masih belum mencapai ”titik kebosanan” karena memang masih
banyak hal yang bisa di eksplorasi.
3.Dominasi Kaum
Hawa
Populasi Instagram di Indonesia ternyata di dominasi
oleh wanita (63%). Bisa jadi salah satunya di cermati dari banyaknya online
shopyang memasarkan produk kaum hawa.
4.Filter dan
Search
88% Instagrammers menggunakan filter untuk mengedit
foto sebelum di unggah. Sementara 97% menggunakan fitur searchuntuk mencari
informasi yang lebih spesifik. Masyarakat Indonesia menggunakan Instagram untuk
mencari inspirasi, berbagi pengalaman traveling, serta mencari informasi dan
tren terbaru.
5.Aktif
Berkomentar dan Berbagi
97% pengguna Instagram menuliskan komen pada
postingan dan menandai teman-teman mereka yang mendorong proses pencarian di
Instagram. Sementara 85% Instagrammers di Indonesia juga mem-posting di media
sosial lainnya.
6.Fashion dan
Teknologi Paling Populer
Fashion dan teknologi adalah merek paling populer di
antara para pengguna Instagram di Indonesia.
7. Follow dan
Membeli
49% pengguna membeli produk dari brand yang mereka
follow. Ini menjelaskan mengapa Instagram menjadi platform penting bagi UKM
untuk berjualan. Menurut penelitian Nielsen pada 475 kampanye, ad recall pada
postingan berbayar di Instagram 2,8 kali lebih tinggi dibandingkan dengan
Nielsen untuk iklan online. Selain itu, 97% dari kampanye di Instagram telah
menghasilkan kenaikan yang signifikan pada ad recall.
8.Mencari
Inspirasi
66% menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi
dan setuju bahwa platform ini mengeluarkan sisi kreatif dalam diri mereka. 46%
pengguna Indonesia menyukai postingan brand dengan tren terbaru sebagai sumber
inspirasi dan 41% menyukai iklan video pendek dengan teks alih bahasa atau
subtitle.
9. Ketertarikan
Tinggi
55% pengguna mengetahui brand atau produk terbaru
dari Instagram. Selain itu, setelah melihat aktivitas brand di Instagram, 43%
responden mengunjungi situs brand dan 31% mulai mem-followakun brand tersebut.
56% responden tidak keberatan jika Instagram digunakan sebagai platform iklan
selama masih kreatif dan berkualitas tinggi secara visual.
10. 150 Foto
Perbulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar